bagustahukahanda.blogspot.com

Gak Nyangka Kelezatan Sate Tidak Kalah Dengan Nilai Gizinya

♠ Posted by Unknown in at 11:50:00 AM

Pasti setelah anda mendengar namanya sangat familiar ya sate semua orang pasti mengenal kuliner yang satu ini apalagi dengan orang indonesia sudah pasti sering kita temui penjual sate dipingir jalan.tahukah anda ternyata Sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World's 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011.

Ada bermacam macam sate di indonesia yang paling terkenal adalah sate madura,sate padang,sate ponorogo,dan banyak yang lainya.Asal usul sate diketahui dari jawa.Menurut lidah saya sate memiliki cita rasa yang unik karena dari proses pembakaran itu sendiri yang membuat sate memiliki cita rasa yang khas.untuk rasa tergantung dari bumbu yang digunakan dan aneka rempah rempah yang ada pada resepnya.

Sekian banyaknya olahan sate dan bumbunya sempat membuat bingung menurut lidah saya lebih menyukai sate kambing.Karena tekstur daging kambing yang berminyak saat proses pembakaran yang membuat dagingnya meleleh di mulut ditambah gurihnya bumbu kacang.Saya sedikit merekomendasikan jenis sate kambing ini.di bawah ini info manfaat dan resiko sate kambing bagi kesehatan.Berikut kandungan daging kambing per100gram.

Kalori: 234 kalori dari lemak sebesar 100
Lemak: 11 gram (dapat memenuhi 17 % kebutuhan harian)
Lemak jenuh: 5 gram (26 %)
Kolesterol: 109 mg (mencukupi 36 % kebutuhan harian)
Sodium: 135 mg (mampu mencukupi 6 % kebutuhan harian) dan masih banyak lagi.


Manfaat daging kambing bagi kesehatan tubuh
Kandungan gizi daging kambing
Khasiat dan Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan Tubuh
1. Menjaga kesehatan jantung
2. Mencegah kanker
3. Menurunkan berat badan
4. Mencegah anemia
5. Mencegah bayi lahir cacat
6. Mengurangi nyeri saat haid/menstruasi
7. Menjaga kesehatan kulit
8. Mencegah autisme, stres, dan depresi
10. Sumber energi yang cukup besar
11. Menjaga kesehatan tulang
12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Efek Samping Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh
1.Hipertensi (tekanan darah tinggi)
2.
Kolesterol
3.
Diabetes

Tetapi tenang selama anda mengkonsumsi dalam batas yang wajar tidak apa apa sekali kali menikmati kelezatan sate kambing.

Resep Sate ayam atau kambing

Daging ayam atau kambing (buang kulit dan tulangnya lalu potong dadu)5 sendok makan kecap manis (olesan)2 sendok makan margarine (lelehkan, untuk olesan)2 buah jeruk limau (jika suka)Tusukan sate secukupnya350 ml air150 gram kacang tanah goreng (haluskan, bisa dengan blender (lebih halus) atau diulek sendiri tapi agak kasar5 sendok makan kecap manisGaram secukupnyaMerica bubuk secukupnyaMinyak goreng secukupnya (untuk menumis)5 butir bawang merah3 siung bawang putih4 buah cabai merah2 butir kemiriIrisan tomat, irisan cabai rawit, irisan bawang merah, ketupat atau lontongLangkah pertama, panaskan minyak, kemudian masukkan bumbu-bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri) lalu tumis hingga harum.Langkah kedua, Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan sebelumnya dan air. Kemudian masak sampai mendidih dan terlihat mengental.Tambahkan merica bubuk, garam, kecap manis lalu aduk hingga rata.
  • Langkah pertama, Cuci daging ayam hingga benar benar bersih lalu tiriskan. Setelah daging ayam kering kemudian tusuk ayam dengan menggunakan tusukan sate, lalu kemudian sisihkan
  • Langkah kedua, Campur kecap manis dan margarine menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur secara rata. Setelah itu oleskan pada sate ayam secara merata.
  • Langkah ketiga, Panggang sate ayam di atas bara api hingga terlihat setengah matang, lalu angkat. Selanjutnya celupkan ke dalam bumbu kacang kemudian panggang kembali hingga daging ayam matang dan terlihat berwarna kecoklatan lalu Angkat.
  • Terakhir, hidangkan sate ayam dengan bumbu kacang serta air jeruk limau (jika suka), kemdian lengkapi dengan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabai rawit, dan lontong atau ketupat.


0 komentar :

Post a Comment

Hot Topics