bagustahukahanda.blogspot.com

Penyebab Panas Dalam

♠ Posted by Unknown in , at 12:43:00 PM
Tahukah Anda?Panas dalam bisa terjadi pada orang dewasa, bahkan anak-anak. Dalam berbagai kasus, bayi juga bisa mengalami panas dalam. Panas dalam biasanya sering terjadi dalam waktu yang bersamaan ketika sariawan. Tetapi, tidak sedikit pula terjadi panas dalam tanpa sariawan. Apa saja penyebab panas dalam?
10 Penyebab Panas Dalam Dan Cara Ampuh Mengobatinya
Penyebab Panas Dalam Dan Cara Ampuh Mengobatinya
Panas dalam terjadi disertai dengan kesulitan menelan, rasa sakit dan panas di tenggorokan, bibir tampak kering dan pecah-pecah, dan bahkan bau mulut. Penyakit ringan ini tergolong menyiksa sebab akanA sedikit sulit menelan makanan. Belum lagi jika penderita akan merasa demam dan sariawan.
Penyebab Panas Dalam
Ada banyak faktor yang menyebabkan panas dalam muncul, mulai dari faktor luar dan dalam. Berikut semua faktor penyebab panas dalam yang sering terjadi:
  1. Tubuh kurang vitamin C
  2. Daya tahan tubuh sedang menurun
  3. Kondisi cuaca yang sulit diterima tubuh, terlalu panas atau mungkin terlalu dingin
  4. Dehidrasi
  5. Kurang serat
  6. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang bersifat panas, mulai dari gorengan atau berlemak tinggi.
  7. Faktor emosional termasuk stress
  8. Kondisi hormone tidak stabil
  9. Kelelahan karena aktifitas dan membuat suhu tubuh naik
  10. Mengkonsumsi obat-obatan yang membuat suhu tubuh naik
Cara Ampuh Mengobati Panas Dalam
Memang, tidak sedikit penderita panas dalam yang mengalami gejala ringan sehingga bisa sembuh sendiri ketika banyak minum air mineral untuk menurunkan suhu tubuh. Akan tetapi, banyak juga penderita panas dalam yang harus menghadapai masalah tersebut cukup lama, karena berkaitan dengan asupan vitamin C pada tubuh serta daya tahan tubuh masing-masing. Jika anda mengalaminya secara akut, maka anda bisa mengalami mimisan.
Berikut beberapa obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi panas dalam secara alami:
  1. Kelapa Hijau Muda
Jenis kelapa ini tentu sudah berbeda dengan kelapa biasa. Sebab, kulit dalam buahnya berwarna merah muda. Air kelapa hijau muda bukan hanya menyegarkan tubuh ketika cuaca sedang terik, tetapi anda juga bisa menggunakan airnya untuk obat panas dalam yang alami.
Caranya, sediakan 1 buah kelapa hijau muda dan ambil airnya. Lalu, campurkan 3 sendok makan madu asli didalam air tersebut. Campur sampai rata dan minum sebanyak 1 kali sehari.
  1. Madu dan Lemon
Banyak merk obat batuk yang menggunakan kombinasi madu dan lemon untuk bahan utamanya. Sebab, kedua bahan tersebut memang dapat meredakan panas dalam bahkan batu secara alami. Anda juga bisa membuat ramuan yang sama, lebih aman dan lebih ekonomis di rumah. Caranya adalah dengan menyediakan satu gelas air hangat, ditambah 1 sendok madu asli dan air perasan lemon yang sedikit. Kemudian, semua bahan diaduk sampai rata dan minum ramuan ini sampai habis. Ramuan ini adalah ramuan yang ampuh untuk meringankan iritasi di tenggorokan.
  1. Kacang Hijau
Kacang hijau sering digunakan sebagai obat alami yang berfungsi untuk menurunkan panas dalam dan juga sakit tenggorokan. Bahan alami sangat ampuh untuk panas dalam dan juga mudah diolah.
Caranya adalah memasak kacang hijau dan tambahkan jahe serta gula batu dalam masakan. Jika sudah matang, sajikan bubur kacang hijau dan santap saat masih hangat. Bubur kacang hijau sangat membantu menyamankan perut dan tenggorokan.
  1. Kencur
Sebagai salah satu rempah khas di Indonesia, kencur dapat mengobati panas dalam secara ampuh. Kencur juga sering digunakan sebagai cara mengobati batuk secara alami. Untuk menggunakannya sebagai obat panas dalam, anda harus menyediakan 1 buah kencur sebesar ibu jari. Kemudian, cuci kencur sampai bersih dan parut sampai halus.
sumber:adasehat.net

0 komentar :

Post a Comment

Hot Topics