bagustahukahanda.blogspot.com

Mauna Kea Gunung Tertinggi di Dunia

♠ Posted by Unknown in at 3:19:00 PM

Banyak orang berasumsikan bahwa sejatinya gunung everest adalah gunung tertinggi didunia.Namun sebenarnya hal itu adalah salah. Mendengar hal itu pasti para sahabat sekalian banyak yang bingung kan ?? Sebernarnya gunung tertinggi di jagat rraya ini adalah gunung Mauna Kea.

Mauna Kea merupakan gunung yang berada di kepulauan hawai.,USA. Ketinggian Puncak gunung Mauna Kea adalah 4.205 meter di atas permukaan laut yang sejatinya jauh lebih rendah dari puncak gunung everest. Tetapi perlu dicatat ni sobat, Bahwa sebenarnya gunung Mauna Kea merupakangunung laut yang mencuat ke daratan.

Mauna Kea memiliki ketinggian 6000 m lagi di bawah permukaan laut. Dan jika di total Mauna Kea memiliki tinggi 10.205 m.. Mengalahkan gunung everest. menurut laporan dari United States Geological Survey.


Gunung Mauna Kea memiliki Massa sekitar 3200 km kubik.Ukuran yang sangat besar ini membuat gunung yang disebelahnya Mauna Loa menekan ke arah dasar lauthingga 6 km.

Karena beban yang ditanggungnya ini pula gunung Mauna Kea terus menurun tiap tahunnya sekitar 0.2 mm. Saat ini gunung MAUNA KEA memiliki ketinggiaan 4.025 dpl beda tipis dengan tetangga dekatnya (gunung Mauna Loa) yang miliki keetinggian 4.169 m dpl.
Dalam bahasa okal sendiri Mauna Kea berarti Gunung Putih.

Hal ini dikarenakan puncaknya yang selalu di tutupi oleh salju seperti halnya puncak jaya wijaya di papua indonesia.Sedikit info tambahan nich gan gunung Mauna Kea adalah tempat paling cocok dalam meneliti benda benda langit sob.hal ini karena cuaca yang cukup bersahabat serta kelembapan yang rendah.
 

0 komentar :

Post a Comment

Hot Topics