bagustahukahanda.blogspot.com

Suku Linggon Perempuan Bermata Biru dari Halmahera

♠ Posted by Unknown in at 10:56:00 PM
Suku Lingon, adalah suatu komunitas suku bangsa, yang hidup terpencil di pedalaman hutan Halmahera Timur. Suku Lingon ini merupakan suatu suku yang misterius, penuh tanda tanya tentang keberadaannya di salah satu pulau di Halmahera Timur ini.

 Suku-suku setempat yang juga hidup di wilayah ini, beranggapan bahwa suku Lingon ini sangat berbahaya, memakan daging mentah dan memiliki ilmu sihir, sehingga keberadaan mereka juga membuat takut suku-suku lain yang berada di wilayah ini.

Asal-usul suku Lingon ini tidak diketahui secara pasti darimana dan kapan hadirnya di wilayah Halmahera ini. Hanya saja apabila dilihat dari fisik mereka, diperkirakan dahulunya kemungkinan mereka datang dari daratan Eropa.

Dari cerita rakyat yang beredar, bahwa dahulu sekitar 300 tahun yang lalu, sebuah kapal dari daratan Eropa, karam dan tenggelam dekat perairan Halmahera. Sekelompok penumpang kapal ada yang selamat dan terdampar di pulau ini. Para penumpang kapal yang selamat ini tidak bisa kembali ke negeri asalnya, dan akhirnya membangun pemu****n di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur ini, dan jadilah suatu komunitas yang disebut Lingon Tribe atau suku Lingon.

Di pulau tempat terdamparnya suku Lingon ini, ternyata sudah ada suku-suku lain yang mendiami pulau ini. Sempat terjadi konflik dengan suku-suku setempat. Tetapi dengan persenjataan yang terbatas dan kalah dalam jumlah orang, mereka terdesak masuk ke pedalaman untuk menghindar dari gangguan suku setempat.

Setelah menetap di wilayah ini selama ratusan tahun, budaya asli mereka yang berawal dari Eropa ini pun pudar dan berubah drastis, beradaptasi dengan budaya setempat yang nyaris primitif. Sepertinya kepercayaan merekapun beralih ke kepercayaan setempat dengan mengamalkan segala hal animisme dan dinamisme.

0 komentar :

Post a Comment

Hot Topics