bagustahukahanda.blogspot.com

Sikat Gigi Ini Bisa Deteksi Kanker & Alzheimer

♠ Posted by Unknown in at 9:52:00 PM
Era teknologi maju seperti saat ini, fungsi alat siskat gigi pun bukan hanya sekadar digunakan untuk membersihkan gigi. Seperti dikat gigi ini yang dapat memeriksa kesehatan tubuh penggunanya, seperti halnya untuk mengidentifikasi penyakit kanker dan Alzheimer.

Sikat gigi canggih yang dikenalkan dengan nama Sequencer nanopore ini diklaim dapat menganalisa secara detail dari DNA seseorang. Hasil pemeriksaan tersebut diidentifikasi melalui piranti chip dan decode dalam format digital yang ada dalam sikat.

Proses pembacaan digital yang dilakukan oleh chip, disebut dengan sequencing, dapat melakukan penilaian berdasarkan penanda genetik yang pada umumnya ditunjukkan sebagai penyakit. Demikian seperti dikutip dari laman situs Thetimes, Minggu (26/4/2015).

Para peneliti teknologi Oxfor Nonapore mengungkapkan, chip DNA sequencer nanopore yang baru dikembangkannya itu sebenarnya tidak hanya untuk sikat gigi. Dengan ukurannya yang kecil, membuat chip ini bisa dengan mudah disematkan pada perangkat apapun.

Clive Brown, Kepala Kantor Teknologi Oxford Nanopore, mengungkapkan, ”Perusahaan membuat detektor nanopore seukuran telapak tangan dan bisa diletakkan pada alat kesehatan lainnya untuk menjadi alat penginderaan yang mampu memantau kesehatan pengguna,” jelasnya.

Pada sikat gigi canggih Sequencer Nanopore chip ini dapat mendeteksi DNA, melalui serta chip yang berukuran 1,5 nanometer. Diklaim chip ini lebih tipis 80 ribu kali dibandingkan dengan rambut manusia.

Sistem kerja chip pada sikat gigi canggih ini akan mengubah arus aliran atom pada lubang sikat gigi menjadi sebuah sinyal listrik yang dibaca menjadi catatan digital.

0 komentar :

Post a Comment

Hot Topics