bagustahukahanda.blogspot.com

Misteri Soekarno dan Galaksi Bima Sakti

♠ Posted by Unknown in at 10:47:00 PM
Sekarang saat nya kita mengenal dan mempelajari rumah kita sendiri karna banyak dari kita tidak mengenal rumahnya sendiri, yang kita tahu selama ini kita berdiri, berkatifitas, makan, istirahat dan kembali berktifitas disuatu bulatan biru yang kita sebut sebagai Bumi/Earth.

 Memang Bumi adalah rumah abadi bagi manusia tapi yang saya maksud adalah rumah bagi Bumi itu sendiri. Rumah bagi Bumi kita ini disebut sebagai Galaksi yang terikat dan tersusun dari gaya gravitasi yang terdiri atas bintang dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam, gas dan debu kosmik serta medium antarbintang,
 
Istilah Galaksi sendiri berawal dari istilah yang dipakai orang-orang Yunani, yaitu kyklos galaktikos yang lebih terkenal dengan sebutan Galaxias yang berati Susu. Bahasa Ingris sendiri mengadopsi istilah ini sebagai Milky Way yang berati dalam bahasa Indonesia nya dapat diartikan sebagai Jalan Susu atau Jalur Susu. Namun, seiring berjalanannya waktu istilah Jalan Susu tidak lagi populer atau dipakai oleh masyarakat Indonesia lantaran ada seseorang yang mengaku melihat sesosok tokoh dalam pewayangan pada Galaksi kita yaitu Bima dan sampai dengan tulisan ini diterbitkan kata Bima Sakti tidak luntur dimakan jaman!

Pada mitologi Yunani, istilah Galaxian berawal pada kisah Zeus yang menempatkan bayi laki-laki pada Dewi yang tertidur, bayi itu dilahirkan oleh seorang manusia biasa, tokoh lain dalam mitologi Yunani yang berperan penting atas asal muasal penamaan Galaxias adalah Heracles atau Hera.

Pada saat Heracles tertidur dengan lelapnya dia dikagetkan dengan keberadaan seorang bayi laki-laki yang sedang menyusui di Payudaranya, sontak Hera terbangun dan dengan refleknya mendorong bayi tersebut dan meyebabkan susu yang diminum-nya tumpah berceceran serta jatuh kedunia menghiasi langit-langit malam. Dari sinilah istilah Milky Way muncul, Milky Way garis/jalan/jalur Susu yang tumpah dari Payudara Sang Heracles.
Lalu bagaimana istilah di Indonesia pada Galaxias itu diartikan sebagai Bima Sakti sang tokoh penting dalam Pewayangan Indonesia?
 Di Blitar, Jawa Timur 6 Juni 1901. Lahir lah seseorang yang paling berpengaruh didunia pada saat itu, dialah Ir. Soekarno. Soekarno lah orang pertama yang melakukan penamaan pada Galaksi kita, mulanya Soekarno pada kunjungannya ke Observatorium Bosscha, Lembang Bandung. Soekarno diperlihatkan sebuah citra atau foto Galaksi Milky Way tiba-tiba entah dari mana decak kagum Presiden Pertama kita itu melontarkan kata “Bima Sakti”, menurut Soekarno pusat hitam pada Galaksi Milky Way itu seperti menggambarkan bayangan hitam dengan aura cemerlang dan menggambarkan sesosok tokoh pewayangan yaitu Bima Sakti.

 Sumber atau bisa dibilang cerita rakyat yang lain menyebutkan, pada lamunannya Soekarno dipuncak Garuda Gunung Merapi. Beliau telah melihat dengan sempurna pemandangan paling menabjubkan dan saat lamunannya tersebut Soekarno kembali melihat sesosok Bima Sakti dan dari sini lah istilah Bima Sakti menyebar keseluruh Indonesia serta masuk sebagai Kurikulum Pokok pada pendidikan di Indonesia.

1 komentar :

Post a Comment

Hot Topics