bagustahukahanda.blogspot.com

Bahaya Kelebihan Vitamin

♠ Posted by Unknown in at 9:56:00 PM
Tahukah anda kelebihan vitamin sangat berbahaya bagi tubuh?

Vitamin A bila di kosumsi dalam batas aman 200% nilai harian atau daily value (DV) dari setiap vitamin dan mineral nilai standar yang ditetapkan Food and Drug Administration(FDA).Ternyata vitamin A tidak boleh dikonsumsi lebih dari 200% DV atau 10ribu IU. Terlalu banyak vitamin A dapat meningkatkan risiko  kerapuhan tulang. Hal ini juga menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan fungsi hati.
Kecuali pada perokok, kelebihan dosis di atas 10ribu IU dianggap tidak berbahaya, dengan catatan, sumber vitamin diperoleh dari beta karoten dan alpha karoten. Keduanya adalah pigmen alami yang akan diubah sistem tubuh menjadi vitamin A yang baik.

Vitamin E dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan. Efek buruknya ialah tubuh akan menjadi mudah lelah. Dosis yang dianjurkan ialan 100 IU per hari.

Zat besi akan memberikan efek samping langsung. Sembelit dan gangguan lambung dapat menyerang bila mengkonsumsi terlalu banyak. Bagi wanita yang memasuki masa menopause, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi dengan dosis 18mg per hari. Sementara saat menopause hanya 8mg yang diperlukan.


Seng(zinc) tubuh yang berlebihan mendapat asupan zinc akan mengakibatkan terganggunya penyerapan tembaga.Yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.Dosis yang di anjurkan 15 mg/hari.

0 komentar :

Post a Comment

Hot Topics